This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Sabtu, 10 September 2011

Resume Sabtuan 10 Sep 2011

Sabtuan 10 Sept 2011

Kebetulan, hari sabtu tanggal 10 September ada acara OKK jadi saya hari sabtu masuk saja dan mengikuti apel pagi sekitar jam 06.45, sayangnya pada saat menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya kami kurang menjiwai dan hal tersebut diketahui oleh ketua OKK kami yaitu kak camz atau kak alhafidz. Kata kak camz setiap ada acara apapun dimana pun termasuk di kampus STIKOM Surabaya harus menyanyikan lagu kebangsaan
indonesia raya. Karena hal tersebut telah disah kan melalui SK Gubernur (kalo ngga salah, CMIIW). Setelah Apel pagi kami pun langsung dibubarkan dan langsung menuju gedung serbaguna untuk mengikuti acara PERISAN (Pembekalan Diri dan Wawasan) yang terdiri dari 2 materi yaitu yang pertama adalah motivasi, yang kedua adalah enterpreneur. Untuk materi yang pertama yaitu motivasi, yang di berikan oleh bapak Bambang H. Beliau menerangkan bahwa motivasi itu berarti Segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tertentu, atau kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kearah pencapaian tujuan organisasi. Kunci Elemen dari motivasi ini yang pertama adalah intensity atau intensitas yang berarti seberapa keras anda mencoba. 1x gagal mencoba, 2x gagal tetap mencoba, 3x gagal tetap mencoba hingga kita berhasil melakukan sesuatu hal tersebut. karena dengan mencoba kita bisa menjadi tahu seberapa kuatkah kita sudah bersiap diri. yang kedua adalah direction atau arah kemana motivasi kita menuju. kita harus menentukan motivasi dari apa untuk apa dan akan berdampak seperti apa. yang ketiga adalah persistence/persistensi seberapa lama kita bertahan pada motivasi kita. agar motivasi kita bertahan cukup lama kita harus membuat motivasi itu datang dari lubuk hati kita yang paling dalam. sehingga sangat membekas dalam diri kita. Dalam materi motivasi ini saya paling tertarik dengan teori X dan Y dimana X dan Y adalah sekelompok manusia yang memiliki karakter berbeda dan potensi yang berbeda pula. Grup X adalah golongan manusia pemalas, dan grup Y adalah golongan manusia yang intelektual, elite dan professional. Semoga kita semua yang ada di Kampus STIKOM Surabaya menjadi golongan Y yakni golongan manusia yang Elite, Intelektual, dan Professional (PIE) amiinn.

menurut david mc clelland manusia pada golongan Y biasanya memiliki 3 kebutuhan yakni kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi/jarsos, kebutuhan akan kekuatan/power. Dan juga ada teori POWER itu sendiri, yaitu P (Positive Attitude) O (Other People) W (Words) E (Expand) R (Realize your goal). Lalu yang terakhir adalah test seberapa besar motivasi saya sehingga saya dapat mengukur diri saya sendiri.

Materi yang kedua adalah Enterpreneur yang disampaikan oleh dosen wali saya sendiri, yaitu Pak Julianto Lemantara. Beliau pertama membuka presentasinya dengan perkenalan dirinya. Tujuan dari motivasi adalah membangun motivasi dan merubah mindset mahasiswa tentang enterpreneur dan menumbuhkan kreatifitas. fakta yang ada dan di beberkan oleh Pak Julianto adalah jumlah pencari pekerja sangat tinggi di indonesia ini. Otomatis juga jumlah pengangguran juga turut meningkat, dan juga banyak dari graduasi sarjana banyak yang menganggur. Latar belakang masalah yang ada di indonesia ada 2 yaitu efek dari penjajahan belanda selama 3 abad lebih membuat sebagian besar penduduk kesulitan mencari pendidikan, dan yang kedua adalah kurikulum indonesia yang memiliki perspektif utama mencetak didikan sebagai pencari kerja bukan pencipta pekerjaan. Ir.Ciputra mengatakan bahwa seorang enterpreneur adalah Seseorang yang mengubah Rongsokan, sampah berubah menjadi EMAS. Sedangkan Peter Drucker mengatakan bahwa Enterpreneur adalah bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada. Enterpreneur memiliki 3 faktor dimana hal tersebut dapat menyebutkan darimana seorang enterpreneur tersebut datang, 3L = Lahir, Lingkungan, Latihan. Perbedaan antara 2 jenis pekerjaan yang memiliki gaji besar yaitu Entertainer dan Enterpreneur, Entertainer jauh lebih ngetop dan lebih gebyar daripada enterpreneur pada saat jaya, namun masa jaya enterpreneur lebih lama daripada entertainer. Sehingga bisa dibilang untuk menjadi seorang enterpreneur sukses kita tidak perlu memeras keringat dalam jangka waktu panjang karena uang bekerja untuk kita, bukan kita bekerja untuk uang (Robert T Kiyosaki). Ciri utama seorang enterpreneur adalah pertama pembuat peluang, kedua inovasi atau membuat sesuatu yang baru, ketiga perhitungan resiko. dan juga ada pula jurus jitu untuk seorang enterpreneur yang professional, yaitu ATM = Amati Tiru Modifikasi. Mungkin sampai disini saja resume yang dapat saya sampaikan. terima kasih. selamat bertemu pada sabtuan minggu depan bersama KS kita tercinta

0 komentar:

Posting Komentar